Friday, February 11, 2022

Modifikasi Penggantian Saklar Kanan CB150X - Engine Kill Switch dan Hazard

 Saklar Kanan....... jadi perhatian saya ketika CB150X ini launching karena absen nya fitur engine kill dan hazard, tentunya karena saya terbiasa menggunakan motor dengan kedua fitur tersebut. Setelah cari-cari di online store akhirnya dapat juga saklar kanan PCX hybrid yang cocok dengan saklar sebelah kirinya. Disini saya baru tahu juga ternyata ada matic yang punya engine kill switch, biasanya pada matic yang ada adalah sistem idling stop yang di hidup dan matikan.


Setelah mekanik langganan saya tanya sana sini untuk memutus listrik dari mana, akhirnya kami putuskan ambil cut off dari sekering FI 10 ampere yang ada di rumah sekering di bawah jok. Kaki sekering yang ke arah sistem di copot dan disambungkan dengan kabel ke arah engine kill switch, kabel satu lagi dari engine kill switch diberikan soket dan di colokkan ke yang awalnya kaki sekering ya sistem.


Hasilnya bisa dilihat dibawah ini, ketika engine kill switch posisi off maka dashboard juga akan mati lampunya begitu juga dengan lampu utama dan mesin tentunya. Ketika posisi on maka lampu dashboard akan menyala dan juga lampu parkir CB150X serta juga baru berfungsi staternya.


Engine kill posisi off


Engine kill posisi on

Bagaimana dengan lampu hazard? oleh mekanik saya diakali dengan menyambungkan kabel ke flasher sein yang ada di balik windshield depan dan ganti flashernya dengan merek bullaes yang kebetulan dapat ketika beli saklar kanan.


Kabel stater? sudah plug and play dengan soket yang ada dari CB150X


Nah, tinggal kita lihat semoga durability modifikasi kelistrikan ini bagus juga ya dan tidak bermasalah dikemudian hari. Kalau bermasalah tinggal kita kembalikan lagi soketnya yang ada di rumah sekering dibawah jok motor. 

Semoga berguna..... 







No comments:

Post a Comment