Karat...... jadi penyakit yang menjangkiti mayoritas ER6N and Ninja 650. Si biru motor saya juga sudah pernah kena untung ketahuan dalam jangka waktu 1 bulan setelah motor diantar, jadi masih diganti total tangki and fuel pump baru, artikelnya bisa dilihat disini.
Nah, kalau sudah lewat satu tahun dan sudah lewat masa garansi gimana? kalau ganti tangki and fuel pump mahal juga lo yaitu tangki 2.8-2.9 juta and fuel pump 2.3 juta. Nah untuk menanggulangi persoalan brebet dan karat bisa disimak cara pembersihannya dibawah sana yang saya dapat dari pendiri NSFO yang punya bengkel rumahan di daerah Depok. Penasaran sama harga spare part motor ER6? bisa dilihat juga di artikel ini
Gejala tangki berkarat
Er6 banyak yang stok lama di gudang sebelum diatar ke konsumen, si biru punya saya contohnya ada di gudang sekitar 2 tahun kemudian baru dipakai. Nah kondisi motor di gudang itu seperti apa? gak ada yang tahu persis siapa tau kepanasan juga atau gudangnya lembab juga kita gak pernah tahu.
Yang jelas itu semua kendaraan bermotor baik itu mobil atau motor pasti bensin yang ada di tangki hanya terisi sangat sedikit, untuk motor ER6 mungkin sekitar 2 or 3 liter saja kali ya dari kapasitas tangki yang 17 liter. Sehingga uap air mulai mengumpul dan mulailah terbentuk karat
Tangki berkarat bisa dilihat dari mulut tangki ketika mengisi BBM seharusnya semua berwarna silver sama seperti pelapis bagian dalam tangki, kalau sudah ada coklat karat nah kudu siap-siap deh.
Level berikutnya yang lebih parah tanpa lihat bagian dalam tangki yaitu coba mesin dari kondisi stasioner or langsam digeber langsung ke high RPM, kalau RPM naik mulus berarti masih aman. Kalau berebet biasanya di 5,000 - 6,000 RPM kemudian lanjut lancar berarti fuel pump (FP) sudah mulai menghisap karat.
Level kronis adalah motor sama sekali tidak bisa di geber melewati 5,000 - 6,000 RPM dan yang sudah top the max adalah motor tidak mau hidup sama sekali karena motor FP sudah macet alias jam. Adalagi malah sudah bocor dibagian pinggir tangki berupa bocor halus.
Sudah mengalami satu atau beberapa symptom diatas? coba keluarkan semua bensin dan cabut fuel pump dijamin dalamnya tangki gak jauh berbeda dengan foto-foto yang saya share diatas. Bandingkan dengan yang tangki sehat seperti dibawah ini
Pembersihan Tangki dan Fuel Pump
Modalnya adalah bensin yang fresh, kunci-kunci, engine degreaser, carburator cleaner, baskom, dan keinginan yang kuat.
Steps:
- Setelah fuel pump dikeluarkan dan bensin sisa juga dikeluarkan (bensin sisa ini sebaiknya jangan dipakai lagi karena sudah terkontaminasi karat.
- Semprot tangki dengan engine degreaser secara merata dan kocok-kocok sampai keluar semua bisa juga dibantu juga di flush pakai bensin untuk mendorong sisa karat
- Semprotan tahap kedua pakai carburator cleaner dengan cara sama seperti diatas. Kalau tangki sudah parah bagian plat akan mulai termakan tapi dengan 2 kali semprotan diatas at least rontokan karat akan lepas dulu semua jadi tidak menghambat fuel pump lagi.
- Sekarang bagian fuel pump, jadi harus di bongkar satu persatu dari full assembly
jadi seperti ini
- Lanjut semprot-semprot bagian fuel pump menggunakan carburator cleaner dan saksikan karat-karat yang nempel pada keluar
Filter ini sebaiknya diganti |
- Ganti filter fuel pump dengan yang baru, di bukalapak ada yang jual
- Dijamin kalau beruntung pasti motor akan berputar lancar dan dari suara juga akan terdengar, kalau kurang beruntung atau motor terbakar pasti tidak akan berputar lagi. Seandainya kurang beruntung kalau dinamo sudah tidak berputar bisa beli rotak / dimano fuel pump pakai punya N250 FI
- Selesai semua tinggal rakit lagi dan isi bensin fresh yang baru full lagi
- Ribet? lumayan juga sih, gak mau ribet coba kontak opa Kris di 081808886788, dijamin harga kompetitif dibanding beres kawasaki yang cuma gitu doang bersihinnya
Tips supaya karat tidak kembali lagi
- Always fill your tank full. Selalulah isi penuh tangki motor bro and sis sekalian terutama kalau ditinggal lama atau cuma dipakai weekend aja. Sisa volume dijamin akan menjadi tempat berkumpulnya uap air hasil kondensasi dan menggrogoti bagian dalam tangki dengan karat
- Saran dari sang mpunya bengkel adalah tiap sebulan sekali masukin kamper putih 3 buah yang kecil-kecil (jangan kamper warna). Ini supaya air bereaksi dengan kamper sekalian meningkatkan oktan, hehehe mungkin yang tahu kimia bisa share
- Sering-seringlah dipakai ER6 kesayangan supaya gak ngambek, hahaha
Ok kira-kira segitu dulu, semoga bermanfaat
buat liat step by step dengan videonya bisa check youtube yang dibikin oleh sahabat saya https://youtu.be/x_LRLeg4AXg
buat liat step by step dengan videonya bisa check youtube yang dibikin oleh sahabat saya https://youtu.be/x_LRLeg4AXg
BBM kasih 2 sendok makan oli samping setiap full isi
ReplyDeleteWah ilmu baru ini tapi belum pernah saya coba takut sama sludge nya
DeleteThanks, that was a really cool read! best fuel injector cleaners
ReplyDeleteThanks bro
DeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDelete