Friday, March 20, 2020

O2 Sensor Failure Again - Z900

O2 sensor..... setelah sebelumnya sempat error karena menerjang genangan air (artikel disini), O2 RedZee kembali error setelah berkendara di waktu hujan deras dan mulai banyak genangan tipis-tipis. Cukup jengkel juga karena ini failure code nongol lagi terbaca di dashboard code 33 yang menandakan O2 sensor failure / malfunction dan bakal keluar duit Rp. 85,000 sepertinya harus cari cara lain.

Error code 33



Browsing sana sini cari cara reset dari yang mudah seperti di ZX10 dengan cara di paddock, masuk ke gear 5, matikan mesin, buka gas full tahan lalu hidupkan kunci kontak. Sudah berulangkali juga tetap gagal.


Ada juga cara yang rumit dengan hidupkan mesin 10 menit idle, lalu jalankan konstan 40 kpj minimal 5 menit plus tambah lagi jalan 5 menit, kemudian matikan mesin dan hidupkan sampai 4 cycle. Karena cara ini rumit dan tidak mungkin maka saya tidak coba.

Posisi O2 sensor di leher knalpot


Setelah 2 hari dipakai commuter code 33 ini terus menyala, akhirnya saya putuskan untuk buka O2 sensor dan semprot WD40 di O2 sensor dilap serta dikeringkan.

O2 sensor from google


Hari ketiga saya bawa lagi ke kantor dengan kondisi engine light on dan sore harinya ketika mau pulang kantor. Voila...... error code sudah hilang. Alhamdulillah, semoga tidak kumat lagi deh


Semoga bermanfaat








No comments:

Post a Comment