Monday, December 2, 2019

Captiva - Time To Say Goodbye

Captiva..... setelah setia menemani selama 7 tahun akhirnya orang tua kami dan saya juga harus merelakan Captiva dicarikan majikan baru. Captiva ini adalah salah satu mobil yang berkesan bagi saya karena tenaga yang besar, fitur keselamatan, dan kenyamanan nya (komplitnya bisa dilihat disini). Dorongan untuk diganti semakin besar karena orang tua saya yang pensiunan jadi lebih nyaman dengan mobil kecil disamping itu juga harga solar berkualitas yang mahal juga menjadikan mobil ini kurang ekonomis untuk pensiunan. Kalau saya sendiri juga belum mau pelihara mobil yang bahan bakar per liternya mahal. Captiva ini adalah facelift tahun 2011 diesel turbo 2,000 cc versi grand touring yang sudah jok kulit dan panel kayu dari Chevrolet.



Setelah hand over mobil dari orang tua, mobil saya masukkan ke salon dan dipercantik dulu supaya lebih enak lagi dilihat.




Setelah itu pasang iklan di OLX dan tunggu selama 1 bulan dengan harga diturunkan bertahap mulai dari 170 juta sampai 155 juta tidak ada yang datang melihat mobil, ada yang tanya untuk tukar tambah saja. Bulan kedua pasang dengan fitur highlight dengan harga 155 juta ada satu orang melihat tapi rupanya belum jodoh, akhirnya menjelang 6 hari iklan berakhir saya coba bawa ke belimobilgue.com. Selesai inspeksi coba bid di 133 juta, second bid 128 juta, bid terakhir 115 juta tidak ada juga yang colek. Dengan sedikit kecewa mobil kembali dibawa pulang dan bapak saya kasih green light untuk turunkan harga ke 125 juta yang memang dibawah harga pasaran captiva 2011 pemakaian 2012 versi grand touring tersebut (grand touring di 140 juta). 





Setelah diturunkan harga benar saja banyak yang respon dan besoknya mau datang untuk lihat mobil. Yang berkesan bagi saya salah satunya ada yang jauh-jauh dari Cianjur mau datang menjemput mobil (feeling saya malah bakal dibayar langsung), ternyata benar saja bapak ini lihat sebentar, test drive langsung suka sekali dan bayar dengan harga deal di 125 juta. Alhamdulillah semoga berkah untuk semua dan mobilnya awet.





Malam hari setelah magrib saya dapat kabar kalau Captivanya mogok di area Bintaro. Sempat bikin kepikiran juga karena katanya mobil sempat hidup mati sampai 3 kali dan lampu check engine menyala. 
Setelah mempelajari symptom yang ada saya putuskan untuk membeli solar dalam jirigen 10 liter meski meteran bahan bakar menandakan masih 1/4 tangki. Setelah Solar masuk beberapa kali pancing fuel pump dan di stater ke tiga alhamdulillah mobil kembali menyala. 
Langsung saya antar ke pom bensin Total dan isi lagi diesel masuk 60 literan jadi total sudah 70 liter, barulah ketahuan meter bahan bakar error berhenti di 1/4 tangki. Baru ketahuan karena habit orang tua saya yang tidak pernah membiarkan tangki kosong jadi 1/4 tangki pasti udah isi lagi jadi kita tidak pernah tahu pelampung bekerja dengan benar atau tidak. Pantas saja selama mobil hampir 2 bulan di rumah kok bahan bakar setelah saya pakai muter-muter tetap segitu-segitu saja dan benar juga dugaan saya kalau meternya rusak.






Akhirnya beneran berpisah di malam-malam gerimis dan Captiva diboyong ke Cianjur. Tengah malam si bapak WA mengabarkan sudah sampai rumah dan mobil alhamdulillah lancar tanpa kendala





No comments:

Post a Comment