Monday, April 8, 2019

Upgrade CVT - Per Kampas Kopling (Sentri) Aerox

Per Kopling...... jadi sasaran modifikasi kali ini setelah saya modifikasi CVT sebelumnya yang ada di artikel disini. Karakter si koneng saya setelah modifikasi CVT yaitu agak mengerung di RPM tengah meski terbayar dengan naiknya torsi dan akselerasi yang lebih baik. Tapi saya masih berkeinginan untuk menurunkan RPM mengerungnya ini dengan mengganti per kopling atau per sentri dengan yang 1,000 RPM speknya berdasarkan ulasan blogger dan vlogger yang banyak beredar.



Per kopling yang lebih lunak yaitu spek RPM lebih rendah akan berpengaruh makin mudahnya kampas kopling mengembang dan engage dengan mangkok kopling sehingga motor bisa lebih responsif. Sedangkan, semakin tinggi spek RPM maka kampas kopling akan lepas di RPM lebih tinggi dan motor lebih mengerung, menurut saya ini untuk mengejar torsi dan cocok untuk motor yang sudah diupgrade cc nya.

Setelah pasang per kopling merek KTC 1,000 RPM ternyata tidak terlalu berubah signifikan malah lebih meraung sedikit RPM nya bukannya turun, hahaha Memang sih ketika dibandingkan per kopling 1,000 RPM KTC yang baru dengan orinya aerox punya malah lebih lembek yang ori Aerox punya.

putih per KTC 1,000 RPM, hitam per ori


Tapi setelah sekian lama berkendara lama-lama terbiasa juga dan gak jadi saya tukar balik ke yang ori lagi. Konsumsi bensin sendiri masih sama juga seperti sebelumnya berkisar antara 1 : 35 sampai 36 km/liter.



semoga berguna.....






2 comments:

  1. ITU per ktc ny peruntukan utk aerox atau beat/mio om?

    ReplyDelete