Seal water pump...... selain tangki yang berkarat (cek cara bersihkan DIY disini), penyakit yang kronis juga terjadi pada seal water pump yang seringkali bocor pada motor ER6. Anehnya seringnya terjadi bocor pada ER6N tidak pada saudaranya yang ER6F, kebocoran seal terjadi dikarenakan karat pada as water pump yang menyambung ke balancer mesin.
Ada beberapa opsi untuk menanggulanginya, kalau dibawa ke beres dan mau ditanggulangi sempurna harus turun setengah mesin dan di ganti total as balancer berikut as ke water pumpnya dan tidak memakan biaya yang sedikit juga. Mau murah bisa tinggal kerjakan sendiri saja seperti yang dilakukan om Arie Vianza yang saya dapat sharingnya dari fanspage om Arie di FB, eh wall FB nya seperti yang saya kutip dibawah ini. Tentunya ini tanpa mengganti as balancer ya guys, kalau as balancer ketika dibongkar sudah berkarat coba di amplas halus pelan-pelan sampai hilang kasar karatnya supaya tidak emrusak seal lagi. Thank you om Arie sudah boleh di compile ke blog saya ini
Cekidot and semoga berguna.....
Water Pump #DIY #Service Part 1.
Jika saat inspeksi pada lubang drainage sudah terdeteksi
tetesan/rembesan cairan coolant dan/atau oli, maka dapat dipastikan bahwa telah
terjadi kebocoran pada Mechanical Seal (seal utk water/coolant) dan/atau Oil
Seal (seal yg menahan oli agar tidak masuk ke waterpump melalui as putar dr
mesin).
Segera lakukan penggantian seal sebelum kerusakan merembet
kepada karat/kerusakan as dari mesin.
Di kasus saya, rembesan yg ada berupa cairan hijau (coolant)
yg bercampur oli. Vonis: Ganti 2 seal yg bersangkutan. 👌
Reparasi dimulai dengan menguras coolant lalu mencopot dan
membongkar (disassembly) waterpump mulai dari cover, impeller, lalu housing.
1. Kuras coolant
2. Copot selang air yg terpasang di antara waterpump dan
radiator.
3. Buka baut waterpump cover.
5. Lepas Impeller (kipas) dgn cara masukin transmisi
ke gear 1, lalu tekan tuas rem belakang, lalu putar baut di impeller sampai
lepas.
6. Copot waterpump housing. Di sini butuh usaha lebih karena
housing nya cukup ketat dan harus dilepas dengan lurus di setiap sisi. Tabahlah
pasti berhasil 😃 kata Aji Prakosa Works
hahaha thanks tips & trick nya bro.. Kalo ngga ada bocoran, saya sdh
hopeless wkwkwk
Water Pump #DIY #Service Part 2.
Di PART 2 saya akan mencopot Mechanical Seal dan Oil Seal
dari Waterpump Housing.
1. Lepas Oil Seal dengan cara mencongkelnya dgn ujung obeng
kecil atau utk lbh amannya agar tdk merusak housing yaitu dgn menggunakan alat
pembuka/congkel hp yg berbahan plastik.
2. Lepas bagian mechanical seal yg berada di sisi impeller
dgn menariknya langsung menggunakan tangan.
4. Hubungi Rexi Sanjaya mekanik jagonya @kawasaki_umbulharjo
😆😂😆 Setelah curhat sama si
bro yg sempet dgn sombongnya pamer foto toolset Bearing Driver khusus(bikin
iri!) Part tsb pun dikirim via ojek online ke sana utk copot mech seal lama
sekalian dipasangin mech seal baru ke housing dgn alat dan skill khusus. Sesuai
janji bro Rexi, terbukti proses tsb sangat kilat bahkan jauh mengalahkan rekor
waktu pengiriman part oleh ojek online 😆😆😆
Thanx bro! .
Tinggal nanti to be continued di PART 3: Reassembly!
Water Pump #DIY #Service Part 3 (finale).
Pada PART 3 ini saya akan melakukan instalasi part pengganti
& waterpump.
1. Siapkan part pengganti:
92055-1155 Ring O, 33.2M
92055-0082 Ring-O, Case Housing
92049-0115 Seal Oil, 12x28.55x5 (alt. 92049-1259)
49063-1055 Seal mechanical, water
92055-0083 Ring-O, Housing-Pump Cover
Thanks buat oom Lukas Kawasaki UH Kawasaki Sentral Umbul
Harjo Jogja yg selalu baik sekali membantu saya dalam penyediaan parts
tersebut.
Ada masukan dari teman di Balikpapan sana part oil seal and mechanical seal ini sama juga dengan kepunyaan Ninja R 2 tak. Thanks om Tony
Ada masukan dari teman di Balikpapan sana part oil seal and mechanical seal ini sama juga dengan kepunyaan Ninja R 2 tak. Thanks om Tony
2. Pasang Oil Seal ke housing. Harusnya pake bearing drive,
namun saya cm pake pipa pvc. Dorong pelan2 sampe sejajar/rata dgn permukaan
housing. Sebelum pasang seal, pastikan lapisi bagian luar & bibir seal dgn
Hi-temp Grease agar licin saat masuk & nantinya kedap cairan.
3. Pasang mechanical seal ke housing menggunakan bearing
driver/pipa dgn ukuran pas & kuat utk mendorong masuk seal tsb sampai
pinggiran seal menyentuh permukaan housing. Saya dibantu oleh temen saya Rexi
Sanjaya utk proses ini di Part 2. Aplikasikan air/coolant ke dalam mechanical
seal.
Saran saya sekalian amplas as balancer dengan amplas halus supaya karat-karatnya pada lepas dan tidak bikin luka lagi seal-seal baru yang kita pasang.
Saran saya sekalian amplas as balancer dengan amplas halus supaya karat-karatnya pada lepas dan tidak bikin luka lagi seal-seal baru yang kita pasang.
4. Bersihkan dan lumuri sliding surface dgn coolant. Lumuri
rubber seal & sealing seat dgn coolant sebelum memasangnya ke dalam
Impeller, dorong dgn jari sampai mentok ke dasar lubang
5. Ganti O-ring dgn yg baru lalu Lumuri dgn grease
6. Pasang waterpump housing.
7. Pasang Impeller&ring.
8. Ganti O-ring di waterpump cover dgn yg baru & lumuri
grease.
9. Pasang cover
10. Pasang selang air. Posisikan cat putih sesuai garis di
cover. Pasang clamp
11. Isi radiator & reservoir tank dgn coolant sampai
batas penuh
Start mesin, cek apakah ada yg bocor, pastikan semua aman...
Gaaaaassss! 😎
Sampai jumpa di oprekan berikutnya!
stay tune juga di oprekan om Arie via IG @arievianza_adventure or @arievianza_sixxers
stay tune juga di oprekan om Arie via IG @arievianza_adventure or @arievianza_sixxers
Wow Mantaaabbbb!!! :)
ReplyDeleteBtw IG saya ganti nama sekarang ahaahha... jadi @arievianza_sixxers
Semoga gak di disable sama IG lagi...aneh nih bisa bolak balik ke disable gitu.. Iseng ganti2 nama siapa tau ngaruh.
Kalo udah diganti seal nya dan masih tetap bocor, gimana solusi selanjutnya bro?
ReplyDeletekalau as yang berkaratnya apa sudah coba di bersihkan dulu om? kalau udah coba di bersihkan lalu pasang seal baru dan tetap bocor ya mau gak mau ganti water pump nya dengan turun mesin
DeleteMakasih om responnya. Saya sdh ganti semua seal sm as balancernya jg om. Tapi tetap oli/coolant nya terasa di bagian bawah waterpump kalau di pegang pkai tangan. Kira2 apa lg ya yg perlu di cek.
ReplyDeleteThank You and I have a keen proposal: How To Properly Renovate A House home addition construction
ReplyDelete