Monday, October 15, 2018

DIY: Change Seal Water Pump - ER6

Seal water pump...... selain tangki yang berkarat (cek cara bersihkan DIY disini), penyakit yang kronis juga terjadi pada seal water pump yang seringkali bocor pada motor ER6. Anehnya seringnya terjadi bocor pada ER6N tidak pada saudaranya yang ER6F, kebocoran seal terjadi dikarenakan karat pada as water pump yang menyambung ke balancer mesin. 

Ada beberapa opsi untuk menanggulanginya, kalau dibawa ke beres dan mau ditanggulangi sempurna harus turun setengah mesin dan di ganti total as balancer berikut as ke water pumpnya dan tidak memakan biaya yang sedikit juga. Mau murah bisa tinggal kerjakan sendiri saja seperti yang dilakukan om Arie Vianza yang saya dapat sharingnya dari fanspage om Arie di FB, eh wall FB nya seperti yang saya kutip dibawah ini. Tentunya ini tanpa mengganti as balancer ya guys, kalau as balancer ketika dibongkar sudah berkarat coba di amplas halus pelan-pelan sampai hilang kasar karatnya supaya tidak emrusak seal lagi. Thank you om Arie sudah boleh di compile ke blog saya ini

Cekidot and semoga berguna.....









Water Pump #DIY #Service Part 1. 

Jika saat inspeksi pada lubang drainage sudah terdeteksi tetesan/rembesan cairan coolant dan/atau oli, maka dapat dipastikan bahwa telah terjadi kebocoran pada Mechanical Seal (seal utk water/coolant) dan/atau Oil Seal (seal yg menahan oli agar tidak masuk ke waterpump melalui as putar dr mesin).


Segera lakukan penggantian seal sebelum kerusakan merembet kepada karat/kerusakan as dari mesin.
Di kasus saya, rembesan yg ada berupa cairan hijau (coolant) yg bercampur oli. Vonis: Ganti 2 seal yg bersangkutan. 👌


Reparasi dimulai dengan menguras coolant lalu mencopot dan membongkar (disassembly) waterpump mulai dari cover, impeller, lalu housing.
1. Kuras coolant
2. Copot selang air yg terpasang di antara waterpump dan radiator.
3. Buka baut waterpump cover.
4  Copot cover.

5.  Lepas Impeller (kipas) dgn cara masukin transmisi ke gear 1, lalu tekan tuas rem belakang, lalu putar baut di impeller sampai lepas.


6. Copot waterpump housing. Di sini butuh usaha lebih karena housing nya cukup ketat dan harus dilepas dengan lurus di setiap sisi. Tabahlah pasti berhasil 😃 kata Aji Prakosa Works  hahaha thanks tips & trick nya bro.. Kalo ngga ada bocoran, saya sdh hopeless wkwkwk






Water Pump #DIY #Service Part 2.


Di PART 2 saya akan mencopot Mechanical Seal dan Oil Seal dari Waterpump Housing.

1. Lepas Oil Seal dengan cara mencongkelnya dgn ujung obeng kecil atau utk lbh amannya agar tdk merusak housing yaitu dgn menggunakan alat pembuka/congkel hp yg berbahan plastik.



2. Lepas bagian mechanical seal yg berada di sisi impeller dgn menariknya langsung menggunakan tangan.




3. Melepas bagian mechanical seal yg menempel ketat di sisi dalam housing ternyata cukup menyulitkan. Saking ketatnya, walau dgn berbagai cara dan alat seadanya, bagian ini tetap kekeuh tak mau lepas 😷 Dipukul, didorong, ditarik dsb. Wtf ga mempan 😑😣 Dengan putus asa saya robek bagian tersebut menggunakan obeng minus & palu. Walau sdh dlm kondisi robek2/bolong, bagian ini tetap tdk bergeming 🙄 Stubborn sunnivabiatch!! ✊🔥 hahaha.. Sampai besok paginya saya coba sekali lagi dgn lemas. Tiba² ide cemerlang singgah di kepala saya. Aha! Sampailah kita di poin 4.




4. Hubungi Rexi Sanjaya mekanik jagonya @kawasaki_umbulharjo 😆😂😆 Setelah curhat sama si bro yg sempet dgn sombongnya pamer foto toolset Bearing Driver khusus(bikin iri!) Part tsb pun dikirim via ojek online ke sana utk copot mech seal lama sekalian dipasangin mech seal baru ke housing dgn alat dan skill khusus. Sesuai janji bro Rexi, terbukti proses tsb sangat kilat bahkan jauh mengalahkan rekor waktu pengiriman part oleh ojek online 😆😆😆 Thanx bro! .
Tinggal nanti to be continued di PART 3: Reassembly!





Water Pump #DIY #Service Part 3 (finale). 


Pada PART 3 ini saya akan melakukan instalasi part pengganti & waterpump.

1. Siapkan part pengganti: 
92055-1155 Ring O, 33.2M
92055-0082 Ring-O, Case Housing
92049-0115 Seal Oil, 12x28.55x5 (alt. 92049-1259)
49063-1055 Seal mechanical, water
92055-0083 Ring-O, Housing-Pump Cover
Thanks buat oom Lukas Kawasaki UH Kawasaki Sentral Umbul Harjo Jogja yg selalu baik sekali membantu saya dalam penyediaan parts tersebut.

Ada masukan dari teman di Balikpapan sana part oil seal and mechanical seal ini sama juga dengan kepunyaan Ninja R 2 tak. Thanks om Tony



2. Pasang Oil Seal ke housing. Harusnya pake bearing drive, namun saya cm pake pipa pvc. Dorong pelan2 sampe sejajar/rata dgn permukaan housing. Sebelum pasang seal, pastikan lapisi bagian luar & bibir seal dgn Hi-temp Grease agar licin saat masuk & nantinya kedap cairan.

3. Pasang mechanical seal ke housing menggunakan bearing driver/pipa dgn ukuran pas & kuat utk mendorong masuk seal tsb sampai pinggiran seal menyentuh permukaan housing. Saya dibantu oleh temen saya Rexi Sanjaya utk proses ini di Part 2. Aplikasikan air/coolant ke dalam mechanical seal.



Saran saya sekalian amplas as balancer dengan amplas halus supaya karat-karatnya pada lepas dan tidak bikin luka lagi seal-seal baru yang kita pasang.

4. Bersihkan dan lumuri sliding surface dgn coolant. Lumuri rubber seal & sealing seat dgn coolant sebelum memasangnya ke dalam Impeller, dorong dgn jari sampai mentok ke dasar lubang


5. Ganti O-ring dgn yg baru lalu Lumuri dgn grease
6. Pasang waterpump housing.
7. Pasang Impeller&ring.
8. Ganti O-ring di waterpump cover dgn yg baru & lumuri grease.
9. Pasang cover
10. Pasang selang air. Posisikan cat putih sesuai garis di cover. Pasang clamp
11. Isi radiator & reservoir tank dgn coolant sampai batas penuh

Start mesin, cek apakah ada yg bocor, pastikan semua aman... Gaaaaassss! 😎
Sampai jumpa di oprekan berikutnya!

stay tune juga di oprekan om Arie via IG @arievianza_adventure or @arievianza_sixxers


4 comments:

  1. Wow Mantaaabbbb!!! :)
    Btw IG saya ganti nama sekarang ahaahha... jadi @arievianza_sixxers
    Semoga gak di disable sama IG lagi...aneh nih bisa bolak balik ke disable gitu.. Iseng ganti2 nama siapa tau ngaruh.

    ReplyDelete
  2. Kalo udah diganti seal nya dan masih tetap bocor, gimana solusi selanjutnya bro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau as yang berkaratnya apa sudah coba di bersihkan dulu om? kalau udah coba di bersihkan lalu pasang seal baru dan tetap bocor ya mau gak mau ganti water pump nya dengan turun mesin

      Delete
  3. Makasih om responnya. Saya sdh ganti semua seal sm as balancernya jg om. Tapi tetap oli/coolant nya terasa di bagian bawah waterpump kalau di pegang pkai tangan. Kira2 apa lg ya yg perlu di cek.

    ReplyDelete