Thursday, March 10, 2022

Seal Saver for CB150X (Cover Shock Breaker)

 USD..... upside down shock absorber menjadi daya tarik sendiri untuk si Redex CB150X. Upside down atau bahasa kerennya inverted shock dimana as nya ada di bagian bawah (bagian yang berwarna chrome) memiliki beberapa kelebihan dibandingkan conventional shock yang as nya berada diatas yang banyak dipakai oleh sepeda motor mayoritas di sini. USD memiliki keunggulan salah satunya pada stability ketika melibas jalan keriting, tidak seperti tipe conventional yang memiliki ayunan berlebih dibagian bawah segitiga bawah sehingga untuk mengatasinya sering diberikan tambahan shock stabilizer atau fork brace (artikel bisa dilihat disini).


USD CB150X dengan seal saver pendek


Setelah beberapa saat mengamati dan cuci si Redex saya baru sadar design spakbor depan CB150X terlalu terbuka, sehingga as dari USD terekspose dari bagian dalam.


Spakbor Redex CB150X


Spakbor Redex CB150X

Berbeda dengan si RedZee yang desain spakbornya melindungi as USD lebih maksimal dari bagian dalam. 

Spakbor RedZee Z900

Spakbor RedZee Z900

Dari sini saya berpikir ketika sedang trabasan dan ada tanah yang membawa batu pasti kemungkinan tergores sangat besar. Shock absorber dengan seal sebagus apapun juga kalau bagian as sudah tergores maka olinya akan keluar dan menjadi bocor. 

Setelah pulang garuk tanah

Saya memutuskan untuk membeli seal saver atau cover shock breaker yang sering digunakan oleh para penunggang motorcross. Saya beli 2 seal saver yang panjang (panjang 30 cm) dan yang pendek (panjang 16 cm) karena belum tahu mana yang lebih cocok. Pemasangan keduanya mudah karena tinggal pasang menggunakan velcro saja.


Dibawah ini adalah foto seal shock yang panjang, sebetulnya ada tulisannya hanya saya balik saja pemasangannya karena saya mau yang polos saja.









Setelah dilihat lebih seksama saya putuskan pakai yang pendek saja selain lebih manis juga terlihat lebih ringkas dan cukup melindungi as USD seperti foto dibawah ini. Bagian as juga akan lebih tertutup ketika motor sudah dinaiki. Tipe yang pendek ini tidak bisa dibalik karena velcro nya demikian posisinya.





Semoga berguna.....





No comments:

Post a Comment