Friday, July 22, 2016

Liburan Keluarga ke Anyer

Liburan sekolah...... kebetulan berbarengan juga dengan momen idul fitri. Berhubung 2 anak saya belum masuk sekolah, saya ambil cuti untuk liburan ke Anyer pada tanggal 19 - 20 July kemarin setelah momen arus balik tentunya supaya gak capek di jalan dan harga-harga sudah pada turun tentunya. Dikarenakan dulu nama kelas di sekolah anak saya yang lama itu Anyer dan Karang Bolong jadilah saya merencanakan piknik ke Anyer, yeay.....

Perjalanan dari Tangerang masuk tol Merak dan keluar di Cilegon Timur / Bojonegara / Kramat Watu dengan kondisi traffic yang ramai lancar  dan tidak ketemu macet, sepanjang jalan saya ikut saja arahan dari Gmap yang sudah menghitung rute tercepat. Anak-anak di mobil juga cukup di setel DVD kesayangan dan kasih makan supaya tidak rewel dan bosan. Keluar tol Cilegon Timur diarahkan lewat jalan bypass Cilegon yang cukup lebar yaitu 2.5 jalur dan ada pembatas di bagian tengahnya, kurang lebih berangkat jam 9 pagi dipotong isi bensin di BSD dan foto sebentar di Mercu Suar Anyer sekitar jam 11 kurang.

Sempat baca rekomendasi tempat makan ada namanya RM Karang Sari, tapi ya agak menyesal juga berhenti makan disini tapi ya sudahlah itung-itung bagi rejeki saja di weekdays. Untung ada kakaktua dan landak serta ayunan jadi anak-anak gak seberapa bosan.

Dari Karang Sari lanjut lagi ke Pantai Karang Bolong, kalau diingat-ingat mungkin saya kesini terakhir sekitar 20 tahun yang lalu kali ya dengan bapak dan ibu saya. Selain lihat laut dan karang yang bolong bisa juga naik ke atas karang yang sudah dilengkapi anak tangga sekalian menikmati pemandangan aduhai dari atas karang. Kalau mau makan, nyemil dan beli oleh-oleh juga bisa banyak warung berjejer cuma saja toiletnya ya gitu deh.

Puas dari Karang Bolong lanjut ke hotel Aston Anyer sambil main di private beach dan berenang di Kolam. Ketika hari menjelang sore semua berbesih diri dan siap-siap melihat sunset. Hotel ini juga punya sunset viewing deck di lantai paling atasnya yaitu lantai 6. Sempat agak kecewa karena mendung tapi sebelum terbenam akhirnya agak terang dan terlihat pancaran indah sunsetnya

Makan malam meluncur ke daerah labuan sekitar 30 km dari Aston Anyer dan sekitar 45 menit. Setelah makan di RM bu Entin malah saya menyesal kenapa gak makan siang disini pasti saya berani makan lebih banyak, kalau makan malam sih sedikit saja lah. hahaha
Resto ini very recommended malah harganya lebih murah dibanding rumah makan Karang Sari dengan lauk yang lebih banyak disini. Rasanya the best pokoknya...... tempatnya tinggal browsing ke Gmap saja pasti nongol

Besok pagi ya jelas setelah sarapan anak-anak saya ajak main air sampai menjelang siang, eh sebelumnya sama si mas main RC di pasir pantai sambil kejar - kejar kepiting. Eh ternyata ini hotel juga punya ayunan and trampolin juga buat mainan anak-anak

Check out jam 11 kami lanjut via Jalan Raya Palka yang merupakan jalur alternatif ke arah Serang. Jalan nya jalan kampung yang sedikit rusak, turun naik gunung dan setelah hampir setengah jalan ketemu jalan beton mulus sampai ke Serang. Ada beberapa spot awal yang jalannya masih bergantian tapi tidak terlalu lama waktunya, gak tahu juga ya kalau weekend bakal mengekor gak kemacetannya.
Tujuan perjalanan adalah ke Durian Jatuhan Haji Arif di Serang yang memakan waktu 1.5 jam atau sekitar 40 km. Bagi penggemar durian ini tempat yang wajib dituju meski menurut saya harganya mahal hampir sama saja dengan di Jakarta

Jalan Raya Palka penghubung Anyer dan Serang

Puas makan duren dan cemil-cemil lanjut lagi ke Rumah Makan Taktakan yang menu jagoannya adalah sop ikan. Mungkin inilah sop ikan the best yang pernah saya cobain, enak bener sama kuah nya. Anak-anak cewe saya malah doyan sama sop ikannya ini. RM Taktakan ini sekitar 20 menitan perjalanan dari tempat duren dan terletak didepan alun-alun Kota Serang. Harganya juga masih termasuk ramah di kantong, hampir sama dengan resto di Jakarta.

Akhirnya liburan singkat 2 hari selesai sudah, keluarga kami dan mertua senang serta puas malah ingin jalan-jalan lagi. Semoga berguna.......