Thursday, April 23, 2015

Review Yamaha X-Ride

Weekend offroad....... sewaktu main ke rumah ortu di daerah Bogor saya jumpa lagi dengan motor X-ride ini. Dulu ini motor beli dari teman kantor, setelah bapak saya punya Burgman jadi motor ini dikirim ke rumahnya di Bogor. Memang sih jalanan di area rumah Bogor cocok sekali dengan X-ride ini karena jalan akses ke rumah terbentuk dari batu-batu urukan saja seperti foto di bawah ini.






Baru kali ini juga saya coba X-ride di jalan berbatu atau tanah berumput. Sebelum nya sih di jalan aspal terus dan masih pakai ban standar, lupa ban nya apa.
review di jalan aspal:

Keunggulan:
  • shockbreaker empuk dan nyaman, Lebih empuk dari kebanyakan matic
  • manuver ok punya, lincah
  • enak melibas jalan rusak atau polisi tidur
  • ground clearance tinggi tapi tidak membuat saya yang tinggi badan 170cm jinjit
  • desainnya gak umum dan keren menurut saya, kalau ini motor punya sendiri pengen juga di buat kekar lagi

Kelemahan:
  • cornering kurang nyaman ==> tadinya saya curiga apa karena terlalu empuk tapi setelah bapak saya ganti ban infonya jadi lebih enak. Saya sih belum sempat coba lagi setelah ganti ban
  • kaki-kaki kurang kekar
  • tarikan loyo kurang galak torsinya ==> ini bisa diakali dengna ganti roller sepertinya supaya dapat torsi galak.

ok langsung saja review setelah melewati medan seperti ini, kondisi ban sudah ganti merek FDR entah seri apa gak sempat merperhatikan,  yang jelas tetap road tyre. Kebetulan tesnya juga slow speed (maks 30 kpj) dan para krucil mau ikutan. Ya sudah sini naik semua sama papa. Sementara lihat dulu foto area test ride.







Keunggulan:
  • shock empuk enak sekali buat offroad
  • setir tetap enak dibuat manuver
  • bantingan juga empuk
  • karena berat motor ringan cukup mudah di angkat-angkat untuk memutar motor
  • ground clearance tinggi jadi gak mentok batu paling kena batu di standard tengah

Kekurangan:
  • torsinya kurang...... ==> kalau mau rutin offroad ya harus ganti roller deh atau ya dengan cara lain supaya torsi naik
  • mungkin perlu ganti ban pacul untuk main di tanah basah
  • pegal untul long range touring (ini setelah saya coba touring Sulawesi Tengah yang artikel nya disini)
  • beberapa kawan komen manuvernya gak enak dan setir suka bergoyang-goyang ketika manuver di high speed

kesimpulan:
motor ini bisa dikatakan cocok buat main di light offroad, pernah coba bandingkan dengan bebek pun masih kalah nyaman apalagi dengan motor saya si biru karena bantingan keras malah bodi motor terlempar sana kemari dan ngeri jatuh. Pakai X-ride ini no worries, recommended dengan beberapa minor modification. Apalagi modelnya yang gak umum cocok buat yang ingin tampil beda




1 comment:

  1. ajak ke hambalang biarr kya gini....

    http://www.kaskus.co.id/post/5517b587d44f9f653d8b456f#post5517b587d44f9f653d8b456f

    ReplyDelete