Friday, September 18, 2020

Modifikasi Knalpot R9 Misano Part II - Aerox

R9....... Misano series adalah knalpot yang sudah terpasang di si Koneng Aerox saya selama 1 tahun lebih ini. Riset cukup panjang juga saya lakukan mulai dengan pasang DB killer (artikel disini) sampai mengecilkan leher knalpot (artikel disini). Tapi tetap saja namanya manusia pasti tidak puas juga jadi kembali saya mau oprek. Di konfigurasi terakhir suara nya jadi lembut banget dan tarikan lebih ngisi, saya inginnya knalpot ini lebih galak suaranya dan juga tarikannya lebih yahud lagi. Setelah sebelumnya melakukan perbaikan karbon di mas Birin dari BR knalpot (artikel disini) jadi saya percayakan lagi modifikasi ini ke bengkel yang sama. 




Sunday, September 6, 2020

Repair Muffler Karbon

Karbon....... jadi barang yang tidak asing lagi saat ini terutama bila menyangkut aftermarket part untuk kendaraan. Karbon jadi pilihan karena ringan, sifatnya yang menggungguli metal, tahan karat, dan tahan korosi. Karbon atau serat karbon ini sekarang jadi part yang lumrah juga yang ada di knalpot atau bodi motor tapi jangan lupa dibedakan antara stiker karbon dengan serat karbon beneran ya bros. Karbon terdiri dari serat karbon yang kemudian di mix dengan matrix atau resin sehingga menghasilkan karakteristik serat karbon yang saya sebutkan diatas, berbeda dengan stiker motif karbon ya cuma stiker dengan motif serat karbon saja dong. 


Nah RedZee ketika saya beli sudah pakai knalpot SC project yang tip belakangnya memakai material karbon, dikarenakan kesalahan ketika parkir di tanjakan tidak masuk gear si RedZee melorot turun dan rebahan sehingga karbon jadi rusak. Setelah sekian lama ketemu juga bengkel knalpot yang bisa memperbaiki karbon ini karena material karbon kalau sudah pecah maka dia akan merembet kerusakannya.

After Repair


Tuesday, September 1, 2020

Review Bantalan Kursi Motor

Bantal..... jadi opsi saya untuk membuat kursi belakang RedZee menjadi lebih empuk sebelum diputuskan untuk merubah bentuk seat belakang. Istri saya komplen karena RedZee ini tidak enak buat boncengan karena bentuk seatnya yang kecil dan keras busanya (review Z900 bisa diintip disini). Sayangnya, dipasaran tidak tersedia aftermarket product untuk pillion seat sehingga saya mencari bantalan saja. Pilihan jatuh pada bantalan seperti foto dibawah ini.



Sunday, August 23, 2020

Review Singkat Ninja 1000 Z1000SX vs Z900 vs ER6

Ninja 1000.... aka Z1000SX merupakan sport touring 4 cylinder bike,  saudara satu darah dengan Z1000 Sugomi yang merupakan naked bike kasta tertinggi di Kawasaki. Bedanya Ninja 1000 ini sudah dipakaikan baju alias fairing, kapasitas tangki yang lebih besar, dan riding aid.

Kebetulan beberapa waktu lalu teman saya baru membeli N1000 dengan Nik 2013 tentunya dengan peremajaan tangki serta fuel pump nya sehingga segar bugar tidak mengidap penyakit karat tangki seperti di ER6N yang artikelnya bisa dilihat disini.  Setelah kawan saya ini melakukan modifikasi di knalpot dengan membuang middle muffler dan ganti slip on custom, saya sempatkan untuk jajal N1000 ini. Gimana quick review dari N1000 terutama kalau dibandingkan dengan Z900 dan ER6? Cekidot......

*** review Z900 bisa intip disini, kalau N650 ER6F bisa diintip disini


Saturday, August 22, 2020

Review Paddock Depan

Paddock..... jadi barang wajib yang harus ada di parkiran motor semenjak saya pakai motor sport jaman dahulu. Paddock belakang sering dipakai untuk membuat motor sport berdiri tegak lurus karena ketiadaan standar tengah. Efek buruknya pengunaan standar samping yang terus menerus adalah seal shock depan sebelah kiri bisa jadi aus duluan dan minta diganti karena bocor. 

Nah karena sering WFH (work from home) seperti ini, ban depan yang menjadi tumpuan ketika paddock belakang terpasang akan ter eskpos lama dengan lantai parkir, kebetulan parkiran motor di rumah pakai batu sikat jadi kalau parkir lama berbekas di ban selain itu untuk motor yang sering diparkir lama ban nya akan terdeformasi bentuknya karena tekanan yang terus menerus di satu bagian yang sama. Selain itu tentunya penggunaan paddock depan akan mempermudah proses cuci ban depan tidak perlu geser-geser lagi posisi motor.