Monday, May 14, 2018

Starter Problem Burgman 200

Starter...... kendala akan muncul kalau sistem starter gagal menyalakan mesin matic besar ini apalagi motor tidak dilengkapi dengan kick stater. Bisa jadi motor harus di jumper dengan kendaraan lain itu juga bila accu nya yang bermasalah, final result ya towing ke bengkel.


Si putih bongsor punya bapak saya sempat bermasalah juga dengan sistem staternya dan terjadi beberapa waktu sebelum saya pinjam motornya, nah motor ini mulai rewel ketika memasuki tahun ke tiga pemakaian dari baru dan mulai jarang-jarang dipakai akhir-akhir ini.




Review Swallow Deli Tire Urban Grip SC-109F- Burgman 200

Swallow..... ban produksi lokal produksi PT. Industri Karet Deli (Sumut) ini jadi pilihan saya untuk menggantikan ban depan motor Burgman 200. Sebelumnya ban yang terpasang adalah Metzeller ME1TEEN, yang saya putuskan ganti setelah pinjam motor untuk commuting. Kenapa pilihan jatuh ke ban lokal bukan pakai merek luar? selain ngejar harga murah Rp. 300,000 untuk ban depan, saya puas dengan performa ban lokal Zeneos ZN62RS yang sebelumnya terpasang di ban belakang N650 saya. Selain itu juga, berhubung ini Burgman jarang jalan sayang saja kalau pakai ban impor yang mahal tapi karetnya keburu getas karena lama parkir sedangkan kembangan masih tebal.




Wednesday, April 4, 2018

Review Ban Zeneos ZN62RS - ER6

Zeneos.... ban produksi PT. Gajah Tunggal ini jadi pilihan di ER6F alias si biru alias Ninja650 saya karena mau saya jual. Iya dijual jadi saya lepas velg 6" plus ban 180 dan memasang kembali velg standar size 4.5". Saya mulai browsing-browsing ban apa yang murah dan cukup mupuni untuk ban belakang size 160/60 di ER6 dan akhirnya pilihan jatuh kepada Zeneos ZN62RS, selain karena harganya yang murah yaitu 500 ribu rupiah saja (include ongkir dari toko***ia) alurnya juga mirip dengan S21 yang masih terpasang di ban depan si biru. 
**** review S21 bisa dilihat disini ya bros




Tuesday, April 3, 2018

Hose Penyebab Brebet - ER6

Brebet..... jadi salah satu momok yang menyebalkan di ER6 baik itu ER6N atau ER6F, salah satu penyebabnya kalau di ER6 ini adalah tangki yang berkarat dan karatnya yang menyumbat fuel pump. Cara menanggulanginya sudah pernah saya ulas disini.


Nah, kalau tangki dan fuel pump sudah bersih kemudian tetap RPM mesin tidak rata gimana?
saya sempat mengalami RPM susah rata di sekitar 4,000 padahal posisi ini paling enak buat gantung RPM ketika cornering efeknya malah sering agak kehilangan keseimbangan karena motor agak nyundul-nyundul, gejala lainnya antara lain kadang di pagi hari juga RPM suka naik turun, knalpot yang lebih berbau bensin, serta konsumsi bensin yang lebih boros (biasanya 1:17 ini sampai ke 1:14 dengan knalpot racing dan fuel 92)




Biru, It's Time To Say Goodbye

Time to say goodbye....... setelah sekitar 3.5 tahun bersama dan 34,000 km dilalui bersama, akhirnya saatnya untuk berpisah dengan si biru Ninja 650 saya. Banyak kenangan yang sudah dilalui apalagi si Biru ini adalah moge pertama saya. Perjalanan melepas si biru pun dimulai dengan melepas semua asesoris yang menempel dan menjualnya seperti front axle slider, raiser stang, fog lamp, raiser shock belakang, velg 6", breket box, dan paling terakhir saya kerjakan adalah nyalon detailing buat membersihkan semua kotoran dan lumpur membandel yang melekat di motor.